Jakarta - Semakin populernya penggunaan smartphone, membuat perangkat mobile ini kian menjadi barang elektronik dengan tingkat penjualan tertinggi di seluruh dunia.

Lembaga riset Gartner memperkirakan sebanyak 2,5 miliar perangkat pintar yang terdiri dari PC, tablet, ultramobile dan smartphone akan dikapalkan tahun ini. Dari jumlah tersebut, 1,9 miliar di antaranya adalah telepon genggam.

Seperti dikutip dari Techweekeurope, Selasa (8/7/2015), menurut Gartner penjualan smartphone mengalami peningkatan dari 1,8 miliar tahun lalu. Meski meningkat, namun pertumbuhan pasar smartphone agak melambat. Bila dihitung, peningkatannya hanya 3,3% di 2015. Lambatnya pertumbuhan ini dipengaruhi oleh melemahnya kinerja pasar China.

"Kami telah melihat lebih sedikit pembeli pertama di China. Ini menunjukkan pasar ponsel di sana mengalami saturasi. Vendor di China harus meningkatkan daya tarik pada penawaran premium mereka untuk menarik minat konsumen meng-upgrade perangkat. Ini cara untuk tetap bertahan dan meningkatkan pangsa pasar mereka," ujar Annete Zimmermann, Direktur Riset Gartner.

Pasar tablet terus berjuang dengan penurunan penjualan sebesar 5,9% dari tahun lalu. Diperkirakan tahun ini angka penjualannya mencapai 207 juta unit.

"Pasar tablet dihantam sedikitnya pembeli baru, siklus hidup diperpanjang dan sedikitnya inovasi yang mendorong pembelian baru," ujar Annete.

Senasib dengan tablet, pasar PC pun terus menurun. Tahun ini diperkirakan penjualan mencapai 300 juta unit atau menurun 4,5% dari tahun lalu.

"Kami memperkirakan pasar PC belum membaik tahun depan meskipun kehadiran Windows 10 pada July ini," pungaks Annete.

Post a Comment

 
Top