LONDON -- Setidaknya empat sekolah dasar di Inggris telah memberlakukan larangan puasa bagi siswa Muslim selama bulan Ramadhan. Sekolah Dasar Barclay di timur London salah satu dari empat sekolah yang beroperasi di bawah dasar umum yang disebut Singa Academy Trust, memberitahu orang tua siswa tentang keputusan dalam surat yang dikirim pekan lalu.

Ditulis kepala sekolah Aaron Wright, surat itu menegaskan bahwa anak-anak tidak diwajibkan untuk berpuasa selama bulan Ramadhan di bawah hukum Islam, tetapi hanya diperlukan untuk melakukannya 'ketika mereka menjadi dewasa'.

"Sebelumnya, kami telah memiliki sejumlah anak-anak yang menjadi sakit dan anak-anak yang pingsan atau yang sudah tidak dapat sepenuhnya mengakses kurikulum sekolah dalam usaha mereka untuk berpuasa," kata kepala sekolah Aaron Wright.

Dalam surat itu, durasi puasa selama 18 jam tahun lalu, seperti yang disebutkan dalam surat Alquran, digambarkan terlalu panjang untuk anak tanpa makan dan minum.

Muslim Association of Britain (MAB) mengecam larangan puasa. "Kami percaya bahwa ada aturan yang cukup ketat dan dalam Islam yang memungkinkan orang-orang yang tidak mampu berpuasa, untuk berbuka puasa," ujar perwakilan MAB sebagaimana dikutip Mail Online. MAB juga menekankan bahwa keputusan siswa berpuasa harus diserahkan kepada orang tua siswa.

Tiga sekolah lain yang akan menerapkan larangan tersebut adalah Sybourn, Thomas Gamuel dan Brook House Sekolah Dasar. Di Inggris, setidaknya ada sekitar 3 juta Muslim. Bulan suci Ramadan, diperkirakan akan dimulai pada Rabu (17/6) waktu setempat

Post a Comment

 
Top