BALAI KOTA -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengajak warga Jakarta untuk bersama-sama membuat sumur resapan di setiap rumahnya.

Menurut Ahok, sumur resapan berfungsi mempercepat drainase saat turun hujan dan merupakan salah satu upaya penanggulangan banjir di Jakarta.

"Kita butuh untuk mendorong masyarakat agar mau kasih izin tanahnya dibuat sumur resapan. Karena memang rumah-rumah di pinggiran resapan sudah hilang, jadi air hujan masuk ke sungai," kata Ahok, di Gedung Balai Kota, Selasa (25/11).

Ahok memaparkan, saat ini Pemerintah Provinsi DKI juga sedang memperbaiki saluran-saluran mikro yang dekat dengan pemukiman. Tujuannya agar saluran-saluran tersebut bisa menyalurkan curah hujan dengan cepat ke sungai-sungai.

Menurut Ahok, perbaikan saluran mikro dan himbauan agar warga membangun sumur resapan merupakan bagian dari upaya penanggulangan banjir, selain pembagunan sheet pile (dinding turap beton) di pinggir sungai-sungai besar.

"Kita sudah instruksikan para wali kota kota dan camat. Jakarta tidak boleh ada banjir akibat saluran yang tidak terhubung ke sungai, tidak digali, atau pompa air yang tidak jalan. Kita juga akan terus bangun sheet pile," tuntasnya.

Post a Comment

 
Top