Jakarta - Kunjungan pendiri Facebook ke Indonesia bukan tanpa alasan. Mark Zuckerberg sadar, pengguna jejaring sosial di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Indonesia pun dinilai merupakan salah satu pasar utama Facebook.

Mark Zuckerberg yang menyempatkan blusukan bersama Presiden Indonesia Joko Widodo ke Tanah Abang memberi banyak arti. Jokowi berharap, Facebook dapat membantu pelaku UKM dalam mengembangkan bisnis.

Pelaku usaha kecil menengah ini diharapkan semakin memanfaatkan social media seperti Facebook atau Twitter untuk mempromosikan produknya. Nah, program ini coba dilanjutkan Telkom melalui program Indonesia Digital Enterpreneur (IndiPreneur).

"Secara prinsip, Telkom siap mendukung dan mewujudkan visi pemerintahan Jokowi-JK dalam hal pengembangan UKM Indonesia menjadi lebih hebat," papar Muhammad Awaluddin Direktur Enterprise & Business Service Telkom dalam peluncuran CRM Mobile Apps UKM Hebat di Kaffein, SCBD, Jakarta, Senin (3/11/2014).

Melalui program IndiPreneur, Telkom coba memberikan edukasi baik secara langsung maupun melalui penyediaan aplikasi berbasis website seperti www.smartbisnis.co.id secara gratis bagi pelaku UKM.

Hingga saat ini program IndiPreneur telah merangkul 300 ribu UKM sampai dengan Oktober 2014, dimana pada posisi Desember 2013 lalu baru mencapai 170 ribu UKM. Adanya tambahan UKM yang dikelola Telkom tersebut membawa tambahan pencapaian (scaling) revenue pada komponen connectivity sebesar Rp 30 miliar di tahun 2014 ini.

"Namun, kami menyadari hal tersebut tidaklah cukup. Dari data yang ada, 65,7% pelaku UKM menggunakan ponsel dalam mengakses social media maupun bertransaksi. Dan kini, Telkom mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan oleh pelaku UKM melalui ponsel untuk melengkapi implementasi IndiPreneur," lanjut Awaluddin.

CRM Mobile Apps yang diberi nama ZAPA ini, untuk tahap awal baru tersedia di OS Android. Namun selanjutnya, kata Awaluddin, akan dikembangkan juga untuk OS ponsel lainnya.

Post a Comment

 
Top