JAKARTA -- Mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta mantan menterinya membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Permintaan itu disampaikan SBY saat melakukan pertemuan dengan sejumlah mantan menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II di kediamannya di Cikeas, Jawa Barat, Rabu (21/1). Mantan menteri koordinator bidang politik, hukum dan keamanan Djoko Suyanto mengatakan, dalam pertemuan tersebut mereka sempat berdiskusi mengenai perkembangan politik terkini.

Menurut Djoko, SBY berpesan agar para mantan menteri membantu pemerintahan Jokowi-JK. "Beliau (SBY) mengatakan, bagaimanapun kita ini pernah berpengalaman di pemerintahan, jadi tahu bagaimana mengelola pemerintahan. Sehingga kalau ada pemikiran positif kita harus bantu pemerintah yang ada dengan caranya masing-masing," ucap dia.

Lebih lanjut, Djoko mengatakan, SBY yang baru pulang dari Amerika Serikat, juga sempat menyampaikan perkembangan politik dunia terkini. Sebab, selama berada di negara tersebut, SBY sempat bertemu dengan beberapa tokoh dunia.

Menurut Djoko, hampir semua mantan menteri menghadiri pertemuan di Cikeas siang tadi, di antaranya mantan menteri luar negeri Marty Natalegawa, mantan menteri pendidikan M. Nuh, mantan menteri perhubungan EE Mangindaan, dan mantan menteri Kelautan dan Perikanan Tjitjip Sutardjo.

Acara reuni tersebut juga dihadiri para istri mantan menteri. Menurut Djoko, itu merupakan pertemuan tahunan yang rutin digelar SBY. "Ini reuni. Biasanya akhir tahun ada kumpul untuk merayakan Natal dan tahun baru. Tapi bulan kemarin kan Pak SBY sedang berada di Amerika Serikat dan baru pulang pertengahan Januari kemarin. Sehingga baru sekarang bisa berkumpul," ujar dia.

Post a Comment

 
Top