Real Madrid menutup 2014 dengan status sebagai klub terbaik di dunia dan total merebut empat trofi juara. Untuk El Real, 2014 menjadi sebuah Annus Mirabilis: tahun penuh keajaiban, tahun penuh pesona.

Madrid meraih gelar keempatnya setelah mengalahkan San Lorenzo di final Piala Dunia Antarklub. Trofi di ajang tersebut membuat 'Si Putih' total mengoleksi empat piala, setelah sebelumnya mereka jadi kampiun di Copa del Rey, Liga Champions dan Piala Super Eropa. Satu yang lepas dari kejaran Iker Casillas dkk adalah La Liga Primera

Capaian besar Madrid di 2014 bukan sekadar jumlah gelar yang didapat. Setelah menanti lebih dari 10 tahun El Real akhirnya bisa mewujudkan La Decima. Titel ke-10 di Liga Champions itu didapat dengan bergaya: mengalahkan Atletico Madrid 4-1 dalam laga final.

Atas capaian-capaian besar yang diraih anak didik Carlo Ancelotti tersebut harian olahraga Spanyol, Marca, menyebut Madrid menjalani Annus Mirabilis di tahun 2014 ini.

Annus Mirabilis merupakan Bahasa Latin yang berarti 'tahun yang luar biasa'. Istilah ini merujuk pada periode mana terdapat tahun yang dianggap punya pengaruh besar dalam kehidupan manusia (misalnya 1666 di mana Isaac Newton mengguncang dunia dengan beberapa temuannya di bidang ilmu pengetahuan, juga tahun 1905 ketika Albert Einstein muncul dengan teori relativitasnya).

Kembali ke Madrid, mereka memang menjalani tahun yang luar biasa indah di 2014. Sepanjang tahun kalender ini mereka bertanding 63 kali di semua kompetisi dengan hasil 51 kemenangan, lima kali imbang dan tujuh kali kalah. Dalam periode tersebut pemain-pemain El Real membuat 176 gol (rata-rata 2,7 gol per pertandingan) dan cuma kebobolan 39 kali (rata-rata satu gol setiap dua laga).

Dengan statistik seperti itu Madrid mengalahkan rekor jumlah kemenangan terbanyak dalam satu tahun kalender di Spanyol. Rekor sebelumnya dipegang Barcelona yang pada 2012 mencatatkan 49 kemenangan dan membuat 175 gol

Post a Comment

 
Top